Pages

PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARN EKONOMI


 MAKALAH
PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS)
PADA MATA PELAJARN
EKONOMI

Makalah Ini Di Susun Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah
Belajar Dan Pembelajaran Ekonomi Dan Koperasi


ADE SUYITNO
0906576

PRODI PENDIDIKAN EKONOMI DAN KOPERASI
FAKULTAS PENDIDIKAN EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
BANDUNG

2011

BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu program pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan di indonesia rata-rata masih menggunakan metode konvensional, hal ini disebabkan oleh siswa yang tidak bisa mandiri. Metode pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan siswa merasa bosan belajar. Selain itu tingkat pengetahuan yang dimiliki perserta didik masih diperlukan pengawasan yang cukup dari guru. Dengan metode ceramah kebanyakan siswa tidak dapat berkembang dan kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran serta pengetahuan yang diterima siswa kurang meluas. Pada umumnya guru masih menggunakan metode konvensional (ceramah), membahas LKS, dan tanya jawab, yang mana dalam tanya jawab tersebut hanya siswa tertentu saja yang mau bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru sehingga pembelajaran kurang bervariasi. Hal tersebut menyebabkan siswa merasa bosan dan cenderung meremehkan guru dengan ramai sendiri bersama teman sebangkunya, maka akan membuat motivasi belajar siswa rendah. Rendahnya motivasi belajar ekonomi dan sikap siswa tersebut berdampak terhadap hasil belajar. Selain itu, pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat tradisional. Pada materi tertentu terkadang menggunakan diskusi, namun sebatas diskusi konvensional, sehingga sering dijumpai siswa yang masih tergantung pada teman atau guru dan siswa cenderung malas untuk berfikir. Untuk mengatasi permasalahan di atas, diperlukan suatu metode pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa untuk bekerjasama dalam memaksimalkan kondisi belajar, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share(TPS).
Think Pair Share (TPS) merupakan suatu teknik sederhana dengan keuntungan besar. Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi dan seorang siswa juga dapat belajar dari siswa lain serta saling menyampaikan idenya untuk didiskusikan sebelum disampaikan di depan kelas. Selain itu, Think Pair Share (TPS) juga dapat memperbaiki rasa percaya diri dan semua siswa diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam kelas. Think Pair Share (TPS) sebagai salah satu metode pembelajaran kooperatif yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu thinking, pairing, dan sharing. Guru tidak lagi sebagai satu-satunya sumber pembelajaran (teacher oriented), tetapi justru siswa dituntut untuk dapat menemukan dan memahami konsep-konsep baru (student oriented).
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan sebelumnya dan sebagai salah satu alternatif pembelajaran inovatif yang dapat mengembangkan keterampilan berkomunikasi dan proses interaksi di antara individu yang dapat digunakan sebagai sarana interaksi sosial di antara siswa dan sekaligus menjawab masalah yang ada dalam proses pembelajaran di sekolah.

B.Rumusan Masalah

1.        Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif model think pain share pada mata pelajaran ekonomi?

C.Tujuan

Seperti yang telah dipaparkan diatas maka tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu:
1.      Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran kooperatif  model think pain share pada mata pelajaran ekonomi.

D.Manfaat Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan memberikan manfaat atau kontribusi dalam bentuk:
1. Manfaat Teoritis
a.         Bagi sekolah, sebagai bahan referensi dalam upaya mengembangkan proses pembelajaran yang efektif baik untuk guru maupun siswa pada umumnya .
b.        Bagi perguruan tinggi, khususnya pada Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan merupakan bahan komparansi bagi mahasiswa  maupun dosen sebagai acuan peningkatan pelaksanaan proses pembelajaran.
c.         Sebagai bahan informasi dan acuan  bagi peneliti selanjutnya dalam sekala yang lebih luas dan kompleksnya dalam hubungannya dengan  judul ini.
2. Manfaat Praktis
a.    Sebagai bahan informasi khususnya bagi guru dan Sekolah-sekolah pada umumnya dalam merencanakan pembelajaran yang efekif dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS).
b.    Sebagai masukan untuk siswa, pentingnya mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif    Think-Pair-Share (TPS), guna lebih meningkatkan prestasi belajar siswa.






 

1 komentar: